20081129

Mending Ngeblog atau Jadi Caleg Ya?

Saat temen2 ku pada asyik masyuk berlomba2 daftarin mau jadi caleg, aku tetep ngeblog. Bagiku, ngeblog lebih asyik daripada jadi caleg. Satu temenku yang ketua wilayah sebuah partai politik (ketua DPW) ngojok2 in aku untuk aktif di partainya, tapi aku koq males bgt ya. Padahal dulu tuh ya, aku getol bgt sama yang namanya berpartai. Sampai aku bela2 in siang malem tidur di kantor partai yang sumpek gersang karena hawanya penuh dengan ambisi untuk meraih kekuasaan dan uang.

Sejak aku kenal blog, aku menemukan sesuatu yang lain. Meskipun ngeblog tak menjanjikan aku jabatan apapun. Enaknya tuh ya, aku bisa melampiaskan semua unek2 ku tanpa sensor, tanpa prosedur yang birokratis dan tanpa tetek bengek lainnya. Begitu ada sesuatu yang pingin aku tulis, langsung aja aku tulis. Mau topiknya tentang politik, sosial, pendidikan atau yang lain2, semua ngalir tanpa takut disensor.

Apalagi waktu aku jadi reporter sebuah radio, setiap ngliput berita atau event slalu ada mata2 yang siap setiap saat njeblosin ke penjara kalau salah2 membuat beritanya. Soalnya, radio tempat aku kerja memang sangat intens mengadvokasi masalah2 sosial. Bahkan pernah salah satu nara sumber yang aku wawancarai khusus bersama temenku, begitu kita on air-in, eee... dia ditangkap polisi karena dianggap terlalu keras omongannya.

Sekarang jaman berubah. Yang dulu pamali, off the record, dan sejenisnya, kini bebas dilakukan. Lebih lagi sejak internet dan atau blog mulai populer, tak ada lagi yang sanggup menghadang arus kebebasan informasi. Tak ada kekuatan kekuasaan yang punya kaki tangan memberangusnya. Thanks to technology then.

Dampaknya semua orang bisa berkata apa aja, menjadi apa aja, berbuat apa aja atau mendambakan apa aja. Termasuk temen2 ku yang saat ini pada sibuk nyalonin mau jadi wakil rakyat. Kebebasan ini begitu menakjubkan, memberi anugrah kepada siapa saja. Yang tadinya gak mungkin, sekarang jadi mungkin. Dan kalau dipikir-pikir, aku juga turut merintis membuka era kebebasan yang sekarang ada saat aku jadi reporter radio waktu itu.

2 comments:

Anonymous said...

hehhehe..enakan jadi blogger om...:D

budhe said...

Subbahan Allah... salut dech... smoga istiqomah dengan apa yang diperjuangkan.Tapi jadi caleg kant masih bisa ngeblog..

Budhe juga dukung dech klo' misalnya mo' jadi caleg yach... memanfaatkan potensi diri untuk kemaslahatan sapa tau bisa mendobrak paradigma yang telah terjadi ke arah lebih baik...sukses slalu ya..