20081202

Islam is not Only a Teaching but also a Way of Life [1]


Rasanya tak perlu kita bertanya dalilnya apa, berdasarkan kitab apa, menurut mazhab mana atau kata siapa yang ujung2nya sebenarnya kita hanya mencari justifikasi untuk penolakan kita terhadap kebenaran. Karena dengan mata telanjang, pikiran dan ilmu yang seadanya saja kita mampu memahami dan kemudian lantang berkata bahwa Islam memang "sempurna".

Segala peristiwa yang terjadi dulu hingga saat ini telah memberikan bukti bahwa apa yang dikatakan oleh Islam tentang kehidupan duniawi yang fana, apa yang akan terjadi bila kesarakahan merajalela, apa akibatnya kalau hukum buatan manusia dianggap lebih sempurna, apa jadinya kalau sebuah negeri dipimpin oleh orang yang bukan ahlinya, dan segala apa yang secara logika saja kita tidak bisa menerimanya ternyata terbukti.

Meskipun Islam lahir lebih dari empat belas abad yang lalu, tetapi nyatanya ajarannya telah mampu menjangkau, memprediksi, mengantisipasi segala phenomena dan dinamika yang akan terjadi empat belas abad kemudian. Doktrin pertama yang Islam sebarkan sebelum yang lain dalam "Iqra" mengandung makna yang sempurna yang menembus spektrum yang begitu luas karena ternyata dengan membacalah (Iqra) manusia dapat menjalankan hidupnya.

Semua hasil karya manusia; ilmu, pengetahuan dan teknologi dapat tercipta karena membaca. Dan dalam kenyataannya Tuhan menyediakan alam semesta bagi manusia agar manusia membaca. Binatang diciptakan sedemikian rupa; tumbuhan dihidupkan sedemikian rupa; langit, bumi, awan, bintang dan sebagainya dihamparkan sedemikian rupa adalah sarana atau media sehingga manusia mempelajarinya.

Setelah mampu membaca, manusia harus sadar bahwa ia diciptakan tak lain dan tak bukan adalah untuk mengabdi kepadaNya. Alam semesta raya yang menghampar tanpa batas adalah tempat di mana manusia dapat menjalankan pengabdiannya. Sehingga mencederai alam, memporak-porandakan lingkungan, mengekploitasi isinya dengan semena-mena dan segala tindakan yang bersifat merusak adalah bentuk nyata penentangan dan perlawanan manusia terhadap Tuhan.

Maka, bacalah. Bacalah segala apa yang ada sebelum melakukan tindakan yang ternyata hanya akan berakibat terjadinya pengrusakan.

[to be continued]

2 comments:

Ratna said...

Semoga tulisan ini dan kelanjutanya bisa memberikan solusi bagi 'para pencari Tuhan' dan 'para pencari kebenaran'.

novi said...

"Iqra"
Bacalah

can't wait to read next